Review Panasonic Lumix DC-GX9, Kelas Mirrorless Terbaik!

Panasonic Lumix GX9

Review Panasonic Lumix DC-GX9, kamera ini tergolong salah satu kamera mirrorless terbaik dikelasnya. Panasonic Lumix DC-GX9 adalah salah satu kamera langka, terutama dengan kemampuannya menghasilkan foto yang keren menurut saya. Kamera ini menawarkan hasil yang lebih objektif dengan kombinasi fitur, faktor bentuk desain dan kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera Panasonic Lumix DC-GX9 juga di desain lebih ringan sehingga easy going yang cocok digunakan untuk traveling.

Pengalaman Menggunakan Lumix GX9

Mungkin hal yang paling penting yang harus saya utarakan saat menggunakan Panasonic Lumix DC-GX9 adalah sebagai berikut:

Terbaik untuk gambar portrait

contoh hasil foto lumix GX9
Format JPEG.
ISO 200 | 1/1250 sec | F2.8 | Lumix G Vario 35-100mm F2.8

Dengan melakukan sedikit modifikasi pada setting ISO shutter speed dan aperture, saat memotret pemusik kamera ini mampu menghasilkan gambar yang terlihat hidup. Pada saat itu kondisi cahaya pada objek cukup bagus sehingga saya menurunkan ISO ke 200 dan Shutterspeed yang cenderung bergerak saya mulai berfikir untuk mempercepat setingan ke 1/125 detik. Setelah gambar yang tertangkap dengan baik dan melihat hasilnya ada tarikan emosional yang benar-benar nyata. Dan saya mulai menyukai hasil kinerja Panasonic Lumix DC-GX9 ini.

Sebelumnya panasonic mengeluarkan seri GX85, saya pikir seri tersebut adalah seri terakhir yang dikeluarkan panasonic. Kamera tersebut mempunyai sedikit kekurangan yang sehingga saya pikir saya harus memulai untuk menemukan kamera lain. Namun kekecewaan saya dijawab dengan munculnya Panasonic Lumix DC-GX9. Kamera ini
Panasonic Lumix DC-GX9 benar-benar mengoreksi kekurangan dari adiknya GX85.

Pemandangan di Sore Hari

Hasil Foto Lumix GX9
Format JPEG.
ISO 200 | 1/500 sec | F5 | Panasonic Leica 15mm F1.7

Saat memotret pemabndangan di sore hari dengan Panasonic Lumix DC-GX9 benar-benar menghasilkan gambar yang menakjubkan. Terlihat lebih natural dengan ketajaman warna yang detail. Pemandangan di sore hari menjadi lebih natural dan menarik. Bagi sebagian orang mungkin Panasonic Lumix DC-GX85 mempunyai kekurangan saat menangkap objek warna kulit, namun kalian bisa mensiasati kondisi tersebut dengan sedikit mengubah pengaturan white balance. Namun Panasonic Lumix DC-GX9 telah benar-benar mengatasi hal tersebut.

Baca Juga: Ulasan Terbaru Kamera Mirrorless Nikon Z6

Saya senang masalah tersebut tidak terjadi lagi di GX9 keluaran panasonic ini. Panasonic benar-benar telah mengatasi hal tersebut dan berhasil. Di luar itu, saya benar-benar senang melihat kembalinya jendela bidik yang adiktif, meskipun agak kecil. Kontrol dapat dikustomisasi seperti beberapa pesaing, tetapi layar sentuh yang sangat dapat dikustomisasi membuat ini terlihat lebih efektif. Dan secara pribadi, saya lebih suka mekanisme layar miring pada GX9 untuk mengartikulasikan layar sepenuhnya yang tidak dimiliki pada model lain.

Hasil yang Terlihat Tajam dan Detail

Hasil Foto Lumix GX9
Format JPEG.
ISO 200 | 1/80 sec | F2.8 | Lumix G 20mm F1.7 II

GX9 adalah kamera yang sangat direkomendasikan untuk kalian penyuka kamera mirrorless. Kamera ini memang sangat cocok untuk fotografi yang bertema kasual dan pribadi. Kamera ini juga sangat direkomendasikan untuk pengguna yang tidak suka ribet untuk melakukan kustomisasi pengaturan kamera.

Baca Juga: Penggemar Full-Frame Merapat! Ulasan, Harga dan Spesifikasi Leica Q-P

Lebih tepatnya, saya juga berpikir GX9 adalah pertanda baik bagi Panasonic untuk lebih maju. Mereka mencoba memecah jajaran GX menjadi dua dengan GX8 high-end dan midrange GX85, tetapi kemudian memutuskan bahwa itu tidak berhasil, dan dengan cepat iterated untuk datang dengan jalan tengah fantastis di GX9. Saya pribadi menghargai tingkat responsif itu, dan menurut saya, GX9 benar-benar yang terbaik dari kedua dunia untuk kamera-kamera itu. Hampir saja.

Harga Panasonic Lumix GX9

Harga Panasonic Lumix GX9 dibanderol dengan harga $897.99 atau sekitar 13 Jutaan untuk pasar Indonesia. Menurut saya harga tersebut normal, jika dilihat dari kemampuan yang di hasilkan.

image credit: dpreview .com